Connect with us

Menara Syahbandar

Photo:

Menara Syahbandar

Menara tua peninggalan kolonial Belanda ini sebenarnya merupakan kubu pertahanan kota Batavia untuk ikut menjaga mulut Sungai Ciliwung, Gudang Merica, dan Galangan Kapal.

Menara Syahbandar dulunya berfungsi sebagai menara pengawas kapal-kapal yang keluar-masuk Kota Batavia melalui jalur laut. Menara ini juga berfungsi kantor pabean ,mengumpulkan pajak atas barang-barang yang masuk di pelabuhan Sunda Kelapa.

Dibawah menara Syahbandar,terdapat jalan berupa lorong bawah tanah menuju Benteng Frederik Hendrik , atau sekarang lebih di kenal dengan masjid istiqlal.

Akibat bertambahnya usia bangunan, membuat bangunan ini secara perlahan menjadi miring sehingga kerap disebut Menara Miring. Karena posisi nya di sekitar jalan yang setiap hari padat oleh kendaraan besar,menambah beban getar di sisi selatan menara. Menara ini juga disebut Menara Goyang karena menara ini terasa bergoyang ketika mobil melewati sekitarnya.

Sebagai bekas benteng, di lantai bawah terdapat ruang bawah tanah untuk perlindungan dan pintu terowongan bisa tembus hingga museum Fatahillah.

Artikel Lainnya

To Top